Minggu, 26 September 2010

TCL 1497S BLANKING

Siang tadi dapat servisan tv cino TCL1497S. Milik Bpk Tamam dusun Munggalan Kanigoro Blitar, tv ini menggunakan ic single TCL-A30V03-8823CR. Kerusakan tv ini kata pemiliknya tidak ada gambar tapi cuma polos putih disertai garis-garis tipis (blanking).
begitu pemiliknya pulang langsung aku tancap steker ac-nya..... Byaaarrrrr.....!!! bener kata pemiliknya, (blanking).
Tanpa pikir panjang langsung aku buka casing belakang tv ini sambil berangan-angan paling cuma elco di B+180V aja.....???? begitu terlihat ternyata jrengggg./// masih cling semua...
langsung aku ganti aja elco 10u/250v aku pikir elko ini kering kali ya??? jadi masih kelihatan bagus body luarnya.
selesai ku ganti langsung tancap steker ac.... mak byuuur... tetep blanking....
aku coba panjarkan AVO di B+180V sambil garuk-garuk kepala, E...Lha dalah... B+ kok naik turun...??? antara 175V..>>..180V dibarengi padang petenge layar, ada apa ini?.
kuputar-putar screeen flyback, tak ada perubahan (tetep blanking).
lalu coba aku lepas soket dari CRT, B+180V normal. soketpun kupasang lagi.
Lalu AVO aku alihkan ke output RGB di ic singlenya.....mak yussss???  mulai dari R,G dan B semuanya bertegangan 7.5V... He he he...! dari mana RGB nyolong tegangan yang mantap seperti ini??? ku lanjutkan penelitan ternyata dari tiga buah dioda yang dipasang maju untuk RGB. Terus dilanjut ....>>>.jalur dioda itu.>> akhirnya ^..^ sampailah di sebuah transistor yang konslet/short yaitu Q 005 (A1015)  yang emitornya tersanbung ke B+8V.... lalu aku ganti transistor ini. tak coba lagi mak BYARRRR..... gambar normal. Alhamdulillah ya Allah....! Berkat petunjukMu semua jadi mudah.
"SELAMAT BELAJAR BERJUANG DAN BERTAQWA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar