Rabu, 09 Mei 2012

Nggak ada siaran "SANKEN"

Nggak ada siaran "SANKEN"

oleh Wijaya Munggalan Cellular pada 26 April 2012 pukul 19:07 ·
Teve ini miliknya Ibu Suratun Sukorejo Karangsono Blitar.
Penyebab kerusakannya memang aneh, mulanya teve ini oleh cucunya di pencet hingga volume_nya mencapai maksimal hingga suara terdengar ketetangga yg agak jauh, selang beberapa menit teve tiba tiba gambar hilang yg ada hanya layar biru yg itu merupakan blue back on.
Selanjutnya begitu teve diantar kesini kamipun langsung unjuk kebolehan hehehe.
Kami buka case belakang teve terlihat menggunakan IC 8823CPNG4PB8, FBT FSV14A001, VERT KA2631, IC AP TDA7439.
Selanjutnya kami lakukan pengecekan, semua tegangan ternyata normal normal saja baik yg ada di regulator maupun yg masuk ke ic single dan di tuner pun semua normal.
Lalu kami coba matikan fungsi blue back dengan tujuan untuk melihat ada raster atau tidak, dan ternyata raster ada. Lalu kami mencoba lakukan auto search ternyata mulai vl vh dan uhf tidak ada gambar sama sekali. Chek tegangan pin vt ketika auto search oke.
Wah... Apanya yg rusak nih..? Pusing deh.!
Lalu kami sentuh-sentuh pin IF di tuner layar tampak ada kedipan dengan kuat, analisa kami tuner rusak nih. Lalu kami mencoba pasang sementara tuner bekas yg masih oke, lakukan auto search dan byar... byar... byar... Kamipun senang karena gambar sudah pada bermunculan.
Catat nilai yg ada pada tuner dan belanjakan. Dan ternyata tidak ada yg sama persis. Di pasaran yg ada 5volt sedangkan yg asli B+nya 9volt. Lalu kami lakukan modifikasi dengan menambahkan IC7805 pada jalur B+nya, selesai dan lakukan auto search lagi hasilnya oke.
Alhamdulillah ya Allah berkat petunjukMu semua jadi mudah.

oleh Wijaya Munggalan Cellular

Tidak ada komentar:

Posting Komentar