Selasa, 02 November 2010

Mati protek (Panasonik TC-14S1J)

     Hari ini ada servisan tv Panasonik model TC-14S1J milik bpk Jumadi Dusun Sumberagung-Bangle- Kanigoro-Blitar.
Kata pemiliknya tv ini mati total. setelah pemiliknya pulang langsung tak cobne cope listrik.>>>> terdengar suara ciiiiit sebentar trus mati..... aku coba ulangi lagi terjadilah hal yang sama seperti semula.
lalu aku buka case belakang, tv ini memakai ic mikrokontrol MN152811 dan ic jungle AN5192. Lalu aku mulai melakukan penelitian. sebelum tv dinyalakan seperti biasa aku lakukan dulu pengukuran resistansi di bagian2 yang mudah short, mulai dari bagian sekunder power suply sampai output flyback ternyata gak ada yang short.
lalu mulai coba tancap steker ac>>> semua output regulator normal.....
lalu aku cek B+ vert gak ada tegangan sama sekali.
kemudian cabut steker ac dan panjarkan avo B+vert lalu tancap lagi>>>>> ciiiit....24v muncul kemudian perlahan-lahan turun>>> dan akhirnya nol.
berarti protex x-ray bekerja.....
lalu aku coba open pin55 di ic AN5192 yang merupakan pin x-ray protection ic ini..... dan tancap steker ac-ny.....>>>>> ciiiiit.... flyback on dengan normal. lalu aku solder lagi pin x-ray ini...
kemudian untuk mempermudah penelitian aku coba open semua titik yang berhubungan dengan x-ray protecion.
1. B+vert
2. Heater
3. B+ RGB
Lalu kusambung satu persatu (step by step) mulai dari B+vert kusolder lalu tancapkan steker ac....>>> flyback bisa on, kemudian solder sampel dari heater dan tancapkan steker ac....>>>> flyback masih bisa on.... lalu yang terakhir kusolder sampel dari B+RGB dan tancapkan steker ac....>>>> ciiiiit.... flyback on sebentar kemudian protec.... he he he... ketemu biang keroknya....
B+RGB disampel melalui sebuah divider transistor A564..... dan setelah aku cek transistor ini yang short.....
Alhamdulillah Ya Allah berkat petunjukMu semua jadi mudah


"SELAMAT BELAJAR, BERJUANG DAN BERTAQWA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar