Rabu, 09 Mei 2012

Layar satu garis horisontal (Panasonic)

Alhamdulillah kemarin dapat servisan teve panasonic milik Bapak P dek desa Gogodeso Kanigoro. Kata pemiliknya Teve ini sebelum saya repair sudah pernah direpair oleh teknisi lain (eks repair) namun belum berhasil.
Menyelesaikan kerusakan bagian vertikal emang gampang gampang susah sih... Kalau pas kebeneran mudah hanya modal timah beberapa cm saja udah oke dan bayaran. Tapi kalau pas lagi dapat yg njlimet kadang sampai dua hari belum selesai juga.
Begitu juga teve ini...! Sudah di coba ganti beberapa komponen yg diduga rusak ternyata masih tidak ada perubahan. Ketika kami membuka dan meneliti tegangan dibeberapa titik semua terlihat normal. Kami sempat bingung juga oleh teve ini...! Mau coba mengganti komponen dilihat dari hasil pengukuran tidak ada yg menunjukkan kerusakan.. Iseng iseng kami mengukur tegangan di ic vertikal output dan di jack saluran defleksi vertikal. Kami tidak percaya lha wong ini satu jalur kok tegangannya berbeda selisih 4volt. Lalu kami mendekatkan lampu penerang ke bagian ini sambil mengamati apa sebenarnya yg menyebabkan beda voltage di satu jalur. Ternyata jalur di dekat jack defleksi ada yg retak sedikit. Kami coba jumper denga kabel lalu kami coba nyalakan teve langsung jreng....!. Alhamdulillah dengan modal tidak kurang lebih 10cm timah dan kabel. Udah dapat bayaran banyak nih...! Kalo emang ini jatah rizki kami pasti ndak kemana mana. Alhamdulillah Ya Allah berkat petunjukMu semua jadi mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar